Kamu Belum Punya Resolusi Keuangan 2020? Yuk Intip Tipsnya!

Sudah tentukan resolusi keuangan 2020? Kenapa sih harus ada resolusi keuangan 2020? Simak yuk!

Resolusi dapat memberikan motivasi atau dorongan kepada diri Anda untuk melakukan sesuatu hingga akhirnya mencapai tujuan Anda. Resolusi keuangan berguna agar Anda tidak mengulangi kesalahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi gimana? apakah Anda sudah memiliki resolusi keuangan tahun ini? atau masih mikir-mikir dan belum yakin dengan apa yang harus dilakukan sebagai langkah nyata resolusi keuangan 2020?

Beberapa tips ini akan membantu resolusi keuangan Anda menjadi lebih baik di 2020 ini, diantaranya;

1. Membuat tujuan keuangan yang jelas

Menetapkan tujuan yang spesifik, terukur dan dapat dijangkau adalah langkah awal yang penting loh! Ketahui apa yang ingin Anda capai kemudian tetapkan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Tinjau kembali history keuangan dan klasifikasi kebutuhan Anda. Buatlah tujuan yang jelas, tentunya tujuan haruslah menantang sehingga membuat Anda harus bekerja keras dan pantang menyerah dalam meraihnya. Selain itu, harus realistis agar tidak menemukan tingkat risiko yang tidak perlu. Dengan memiliki tujuan keuangan akan bermanfaat dalam menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk sukses.

2. Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran mungkin terlihat sepele, akan tetapi di tahun 2020 ini Anda perlu mencobanya. Hal ini bertujuan untuk dapat mengontrol dan mengelola keuangan sehingga bergerak maju dan mencapai resolusi keuangan Anda tahun ini. Dengan mencatat setiap pengeluaran, membuat Anda menjadi tidak konsumtif dan memiliki kesempatan mengalihkan uang Anda untuk sesuatu yang berguna agar keuangan Anda menjadi sehat.

3. Punya gaya hidup yang lebih baik

Langkah selanjutnya adalah memiliki gaya hidup yang lebih baik. Jika ditahun sebelumnya Anda masih memiliki gaya hidup yang konsumtif, di tahun ini perlu Anda ubah karena semakin tahun taraf hidup akan semakin tinggi. Jadi perlu adanya strategi untuk menghadapi masalah ini dengan kesiapan yang lebih dini. Gaya hidup yang baik itu seperti apa sih? Seperti Anda bisa mencoba lebih berhemat, melakukan kegiatan yang profitable untuk meningkatkan uang anda seperti mumulai bisnis atau melakukan pendanaan.

4. Mencoba Pendanaan

Anda belum pernah melakukan pendanaan? Langkah ini perlu dicoba sebagai tips jitu dalam resolusi keuangan 2020 Anda. Saat ini, bentuk pendanaan bermacam-macam salah satunya seperti pendanaan melalui platform fintech peer-to-peer lending yang dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pundi-pundi Anda. Langkah ini perlu dicoba karena memiliki profit yang menarik, lebih efisien dan mudah, sebab Anda hanya perlu mengandalkan gadget dan semua keuntungan pendanaan dapat Anda peroleh.

Banyak yang menghabiskan waktu untuk memutuskan bagaimana uang mereka akan mengalir. Orang-orang ini selalu agak takut kehilangan uangnya dan berpikir menyimpan di tabungan adalah yang paling aman. Padahal potensi return dengan penghasilan pasif pendanaan dapat membantu Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

Salah satu pendanaan dengan return yang menarik adalah P2P Lending seperti CROWDO. Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 24% p.a. Kelebihan lain dari pendanaan peer-to-peer lending adalah Anda tidak hanya dapat meningkatkan uang Anda, akan tetapi turut membantu kemajuan UMKM di Indonesia. Ini karena pendanaan yang Anda lakukan ditujukan kepada UMKM dalam bentuk pinjaman modal usaha, sehingga Anda bukan hanya sekedar melakukan pendanaan tapi juga menjadi pahlawan bagi UMKM dan perekonomian Indonesia.

Everyone Can be a HERO!