FINTECH DAYS 2018: CROWDO Bantu Kembangkan Revolusi Keuangan Digital 4.0 di Kota Manado

Sebagai salah satu platform peer to peer lending terdepan di Asia Tenggara, hadir di Kota Manado dalam rangka FINTECH DAYS 2018. Rangkaian acara ini dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton, Manado pada tanggal 8 hingga 9 Agustus 2018.

Rangkaian acara ini bertujuan memberikan pemahaman para stakeholder terkait fintech lending dan ekonomi digital untuk meningkatkan literasi keuangan serta menyebarkan semangat revolusi keuangan digital 4.0 kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Manado.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto Sulawesi Utara mengalami peningkatan pada tahun 2016 dan 2017 berturut-turut mencapai angka 3.11% dan 3.19%. Dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara di Manado sebesar 96.46% dalam setahun. Selain itu, Sulawesi Utara memiliki investasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 4.6 Triliun dan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 1.4 Triliun.

Ironinya, survei OJK pada tahun 2016 menunjukkan bahwa sekitar 72% masyarakat belum terpapar edukasi keuangan. Sehingga, literasi keuangan menjadi hal penting untuk digencarkan di masyarakat.

Di sisi lain, saat ini sedang berkembangnya revolusi keuangan 4.0 dimana hampir semua lini kegiatan keuangan diintegrasikan dengan dunia online atau dengan kata lain internet sebagai penopang utama. Perkembangan yang sangat cepat ini diperlukan pemahaman dan pemetaan karakteristik pasar yang belum terlayani dengan baik oleh pemanfaatan teknologi. Revolusi keuangan 4.0 akan lebih menguntungkan pelaku bisnis secara operasional terlebih bila terdapat kolaborasi antar-pemain industri.

Kehadiran CROWDO dalam rangkaian acara FINTECH DAYS 2018 menjadi bukti akan komitmen untuk terus mengedukasi dan berkolaborasi dengan pelaku bisnis di Indonesia, tak terkecuali Kota Manado.
Atas pertumbuhan ekonomi yang tinggi di kota ini pun sejalan dengan pertumbuhan UMKM dan menjadi surga untuk kegiatan investasi. Di sisi lain, kebutuhan produktif pendanaan ini menjadi peluang untuk pengenalan alternatif pendanaan baru khususnya melalui dunia digital.

“CROWDO berkomitmen untuk mendukung revolusi keuangan 4.0 di Indonesia. Sosialisasi perihal pinjam meminjam online dan pendanaan di era digital di Manado merupakan bentuk nyata komitmen kami. Sebagai salah satu tuan rumah Hari UMKM Internasional yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) tahun ini, potensi Manado haruslah dimaksimalkan. Jangan sampai masyarakat tidak siap dengan perkembangan digital dan peluang pengembangan usaha maupun investasi alternatif. Di sinilah CROWDO berperan, tidak hanya berbagi pemahaman terkait keuangan di era digital namun juga sekaligus menjembatani antara lender dan borrower melalui platform kami,” ujar Cally Alexandra, General Manager CROWDO Indonesia.

Secara garis besar, kehadiran alternatif pendanaan baru dapat menjadi medium dalam mendorong laju perekonomian Sulawesi Utara. Di sisi lain pun membantu masyarakat underserved dan unbankable dalam mencari sumber pendanaan yang produktif, mudah untuk dilakukan dan cepat.

Terlebih sebagai negara yang menjadi salah satu dari tujuh negara inisiator Hari UMKM Internasional bersama Amerika Serikat, Australia, Korea, Kuwait, Mesir, dan Argentina, Indonesia harus terus mencari cara agar revolusi keuangan dunia digital tersebar rata. Pada acara Fintech Days inilah para pelaku industri keuangan, pemerintahan, akademisi, dan para ahli berkumpul untuk bersama menciptakan ekosistem keuangan 4.0.

“Selain membuka booth, CROWDO juga mendapat kehormatan sebagai pembicara dalam salah satu sesi diskusi panel di acara Fintech Days 2018 Manado ini. Kami bangga selalu menjadi bagian dari program yang membantu penyebaran ekosistem keuangan digital di seluruh daerah Indonesia. Sudah saatnya pelaku fintech semakin gencar mengembangkan potensi ekonomi masyarakat daerah,” tutup Cally.