5 Cara Menjaga Resolusi Keuangan Tahun 2017

Tahun 2016 sebentar lagi akan berakhir. Banyak masing-masing dari kita yang sudah atau sedang mempersiapkan resolusi di tahun 2017. Baik dari kehidupan pribadi, karir, pekerjaan dan lain-lain.

Salah satu yang sering terlupakan adalah memperbaiki rencana keuangan kita di tahun mendatang agar rencana lainnya dapat tercapai. Sering kali kita berjanji pada diri sendiri untuk melakukan apa yang sudah direncanakan. Akan tetapi, di tengah perjalanan banyak yang melanggar janji tersebut apalagi menyangkut masalah keuangan.

Dengan semangat tahun baru, sesuai dengan yang kami kutip dari NY Daily News, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi resolusi keuangan Anda:

  1. Tulis tujuan Anda
    Tujuan hanya akan menjadi pikiran sampai Anda menuliskannya pada selembar kertas dan dapat Anda lihat sepanjang tahun. Serta akan lebih baik apabila Anda menyisipkan gambar di dalamnya.
    Contoh: Apabila Anda memiliki tujuan untuk pergi ke Hawaii, maka akan lebih bik jika Anda menambah gambar resor yang menarik dan membantu Anda memvisualisasikan tujuan Anda.

  2. Membangun langkah-langkah penting untuk mencapai tujuan Anda
    Bagi kebanyakan orang, menulis tujuan itu terlalu abstrak ketimbang langsung bertindak. Hal yang lebih bermanfaat adalah untuk menyempurnakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
    Menggunakan liburan Hawaii sebagai contoh, langkah pertama mungkin melakukan penghematan $ 200 dari gaji, sehingga pada Desember mendatang akan ada $ 4800 disimpan untuk liburan.
    Langkah kedua mungkin Anda bisa mentransfer sejumlah uang tersebut dari rekening gaji Anda ke tabungan terpisah dan dialokasikan untuk liburan, karena Anda tahu bahwa jika Anda meninggalkan $ 200 dalam rekening gaji, Anda dapat menghabiskan uang untuk hal lain yang tidak penting.
    Meluangkan waktu menentukan langkah-langkah tersebut akan membantu Anda meraih tujuan Anda.

  3. Memantau tujuan Anda
    Hal ini membantu memantau bagaimana Anda melakukannya secara berkala. Cobalah untuk menetapkan kerangka waktu yang wajar dan seberapa sering Anda akan meninjau rencana Anda untuk mencapai tujuan tersebut.
    Hal yang sulit untuk mengetahui kerangka waktu yang ideal. Melihat hal itu terlalu sering dapat menyebabkan frustrasi dan terlalu jarang dapat mengakibatkan gagal dan menyadari bahwa Anda tidak lagi di jalur yang seharusnya. Bagi kebanyakan resolusi keuangan, memantau tujuan secara berkala sangat direkomendasikan.

  4. Tetapkan batas minimum tujuan Anda
    Roma tidak dibangun dalam sehari dan Anda tidak harus mencoba menyelesaikannya dalam 12 bulan ke depan. Sebaliknya, fokus kepada tiga atau empat tujuan mungkin sudah cukup.
    Jadi, selain menabung untuk liburan Hawaii, dua tujuan lain adalah mempelajari lebih lanjut tentang pilihan investasi di 401 (k), dan untuk memeriksa secara berkala serta meninjau kredit Anda sepanjang tahun.
    Jika di 31 Desember tahun depan Anda telah mencapai ketiganya, maka Anda dapat melanjutkan ke tujuan keuangan lainnya.

  5. Jangan Menyerah
    Hal ini mungkin yang paling penting untuk dipertimbangkan. Banyak orang menyerah pada diet mereka setelah menipu dan makan sepotong kue. Hal yang sama berlaku bagi tujuan keuangan. Tidak mampu menghemat $ 200 selama satu periode menyebabkan banyak orang keluar jalur, dan membuat mereka menyerah.

Ada anggapan bahwa jika tujuan tidak dapat selesai pada akhir tahun ini, maka Anda gagal. Jangan biarkan kalender mendikte Anda dalam mencapai tujuan. Banyak tujuan yang tidak dapat dicapai dalam satu tahun terlepas dari seberapa keras Anda mencoba.

Ambil napas dalam-dalam, jangan terlalu keras pada diri sendiri, dan kembali ke jalur yang tepat dapat membantu Anda mulai melangkah lagi.