Cara Sederhana Mengatur Keuangan Pribadi

Ketika mendengar kata "keuangan pribadi", maka yang biasanya terlintas dipikiran kita adalah cicilan, pengeluaran rutin yang harus dibayar, dan biaya lain-lain.

Penghasilan baik kecil maupun besar rasanya tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalau kita tidak memiliki kata puas. Perilaku konsumtif serta biaya hidup yang terus meningkat membuat kita dipaksa berpikir keras untuk bagaimana mengatur keuangan secara cerdas.

Berikut adalah beberapa tips dalam mengatur keuangan pribadi yang dapat Anda lakukan:

  1. Tentukan Tujuan Keuangan Anda
    Sebelum mengambil langkah, sebaiknya Anda menentukan tujuan keuangan Anda. Jika kita memiliki tujuan yang pasti, maka akan lebih mudah untuk mengatur keungan dan menjadi motivasi Anda dalam mengumpulkan pendapatan.

  2. Kelola Pengeluaran Secara Bijak
    Tidak perlu membeli hal yang Anda tidak butuhkan. Jangan paksakan keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak ada manfaatnya bagi Anda atau keluarga. Hal ini terkadang sangat sulit jika diberlakukan bagi kaum wanita. Akan tetapi jika Anda memiliki pola pikir yang dinamis, maka ini bukanlah hal yang menjadi kendala. Buatlah prioritas!.

  3. Buat Budget Bulanan
    Mengalokasikan sejumlah budget untuk setiap pengeluaran sangatlah penting. Mulai dari makan, transportasi, hiburan, cicilan kendaraan bermotor, rumah serta biaya lainnya. Anda bisa mengawalinya dengan membuat rincian bulanan di kertas. Buat daftar satu persatu berapa pengeluaran yang harus Anda keluaran setiap bulannya.

  4. Mulailah Berinvestasi
    Sisihkan minimal 5% dari total penghasilan Anda terlebih dahulu untuk investasi. Sulit? kami rasa tidak. Anda bisa mengalokasikan dana tersebut ke saluran investasi yang tepat. Contohnya dengan berinvestasi di pinjaman melalui platform P2P Lending seperti Crowdo. Selain Anda membantu orang lain, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  5. Persiapkan Dana Darurat
    Dana darurat ini sangat tergantung dari seberapa besar pengeluaran Anda setiap bulannya. Sebagai contoh, apabila Anda masih single, jumlah dana darurat yang harus dimiliki adalah 2 kali pengeluaran per bulan. Apabila Anda berpenghasilan 5 juta, pengeluaran 3 juta, maka dana darurat yang harus disiapkan adalah sebesar 6 juta.

Mengatur keuangan memang tidak mudah, sering kali dibutuhkan beberapa kali percobaan. Namun demikian, apabila ada kemauan, ketekunan dan kedisiplinan, maka hal tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Image credit: Copper Leaf Financial